RAKYAT.NEWS, MAMUJU – Pj Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin menghadiri acara pelantikan Badan Pengurus Wilayah Himpunan Pengusaha Kahmi (HIPKA) Sulbar periode 2024-2029 di Hotel Maleo, Kamis (24/10/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh DPP HIPKA, jajaran HIPKA Sulbar, dan undangan lainnya.

“Hari ini kita menghadiri pelantikan Hipka Sulbar, dengan kehadiran Hipka ini bagi saya adalah kemaslahatan bagi daerah,” kata Bahtiar.

Bahtiar menyampaikan bahwa kemajuan suatu daerah dapat tercapai dengan adanya pengusaha, sebab merekalah yang dapat menciptakan lapangan kerja.

“Pemda mungkin hanya bisa rekrut pegawai setiap tahun, tapi yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan adalah pengusaha,” ungkapnya.

Contohnya, pengusaha yang membuka perusahaan akan membutuhkan karyawan, termasuk pengusaha di berbagai sektor seperti pertambangan, perdagangan, dan bidang usaha lainnya.

“Jadi intinya sebuah daerah dan negara itu pengusaha. Kalau tidak ada pengusaha maka tidak maju daerah,” tambahnya.

Oleh karena itu, Bahtiar memberikan dukungan kepada pengusaha-pengusaha di Sulbar yang tergabung dalam HIPKA.

“Ini hikmah baik bagi kita dan saya menyambut baik. Selamat bagi seluruh pengurus Hipka Sulbar,” imbuhnya.

Ia berharap kehadiran HIPKA Sulbar dapat membuka lebih banyak lapangan kerja, terutama dengan bekerja sama dengan Kadin Sulbar.

Bahtiar juga menyoroti potensi perairan dan daratan di Sulbar yang dapat dikembangkan untuk kemajuan daerah, serta menyebut program ketahanan pangan dari Presiden Prabowo memiliki peluang besar untuk diwujudkan di Sulbar.

“Saya lihat hadir juga seniornya Kadin, jika ada peluang ekonomi, bisnis, maupun usaha lainnya bisa menjadi bagian yang dikembangkan oleh teman-teman Hipka Sulbar,” harapnya.

Ketua BPW HIPKA Sulbar, Muh Arif Makkulau, menyoroti bahwa sejumlah pengusaha di HIPKA Sulbar merupakan alumni HMI yang memiliki pengalaman dalam berwirausaha.

“Kita sangat bersyukur karena sudah melaksanakan kegiatan pelantikan Hipka Sulbar. Apalagi di Sulbar ini masih sangat minim pengusaha, makanya saya berharap Hipka hadir ditengah kita untuk membawa semangat berusaha dan bernafaskan Islam,” tandasnya.