RAKYAT.NEWS, BARRU – Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin kini mencari jalan untuk menjadikan provinsi yang ia pimpin ini menjadi daerah maju dalam hal ekonomi biru atau ekonomi yang berasal dari perikanan dan kelautan.

Sulawesi Barat mempunyai wilayah laut terluas dengan mengapit lima kabupaten. Maka dari itu, Bahtiar mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Jumat (2/7/2024) berkunjung ke PT Bogatama Marinusa, sebuah perusahaan teknologi budidaya udang modern dengan mentransformasikan kolam tanah menjadi sistem bioflok. Hasilnya, bisa diterapkan pembudidayaan di berbagai lokasi termasuk pelabuhan.

PT Bogatama Marinusa merupakan satu-satunya perusahaan eksportir udang terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Saat kunjungan Bahtiar, PT Bomar akan mengadakan MoU terkait pembelian udang dari Sulawesi Barat dalam waktu dekat.

“Saya sangat kagum pada Pak Bahtiar, sangat progresif dimana beliau melibatkan stakeholder untuk memahami industri ini. Menyatukan langkah, pendapat,” kata Direktur Utama PT Bogatama Marinusa, Chin Tigor Chendar.

PT Bogatama Marinusa juga unggul dalam mengolah udang menjadi makanan siap saji, seperti tempura atau frozen. Hasilnya pun sudah berhasil menembus pasar ekspor high-end seperti Jepang, Amerika, dan Uni Eropa.

Perusahaan ini juga mempunyai program pelatihan dan pendampingan di setiap kabupaten. Khusus Suilawesi Barat akan mendapat perhatian serius atas permintaan Bahtiar

“Saya percaya Pj Bahtiar. Kami akan ke Sulbar melakukan pendampingan dan sebuah sikap yang jelas dan menarik dari Pak Gub untuk melakukan MOU bersama kami,” kata Tigor.