RAKYAT.NEWS, SULBAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat semakin tekun mendalami budi daya pisang berbasis industri. Tidak hanya dari pemerintah saja, antusias tersebut juga terlihat dari warga semenjak Bahtiar Baharuddin menjadi Penjabat Gubernur.

“Selama ini pemahaman kita hanya sekadar nanam pisang saja. Dan ternyata setelah kami melakukan dan melihat langsung di sini bernwda dengan cara yang kita biasa lakukan. Termasuk disejumlah anakan rupanya perlu dibatasi” kata M.Arsyad dari Balai Benih Tanaman Pangan dam Hortikultura Pemprov Sulbar, Minggu (7/7/2024).

Saat berkunjung ke sentra sentra budidaya pisang di Kecamatan Tanralili Maros, Bahtiar mengajak rombongan OPD untuk melihat dan belajar langsung budi daya pisang.

Jenis pisang yang ada di Maros ini adalah pisang Kepok Tanjung, yang ditanam langsung oleh Bahtiar sebelum menjabat sebagai Pj Gubernur Sulawesi Selatan.

“Saya ajak teman-teman Sulbar belajar langsung, karena belajar yang baik itu adalah ke lapangan langsung. Kita punya lima Pelabuhan di Sulbar, setiap kapal bawa pisang ke Kalimantan minimal dua kapal per hari, dikirim ke Makassar dan Palu,” jelas Bahtiar.

Bahtiar mengaku, budi daya tanaman pisang ini sangat menjanjikan. Dengan demikian, pihaknya mendorong agar ASN Pemprov Sulbar bisa juga punya lahan sendiri dan menanam pisang.

“Budidaya pisang kepok, mas dan raja sangat menjanjikan. Maka saya kasih liat kawan-kawan (Pemprov Sulbar) contoh budi daya pisang kepok tanjung yang saya lakukan sebelum jadi Pj Gubernur Sulsel. Itu (milik) pribadi, di Tanralili,” ujar Bahtiar.

Bahtiar juga mengatakan, pisang kepok tanjung miliknya bisa menghasilkan Rp900 juta sekali panen dengan luas lahan 4 hektare.

“Saya hitung-hitung buah pertama bisa hasilkan Rp900 juta, paling jeleknya Rp600 juta. Tapi sebenarnya itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak harus dengan biaya mahal. Pisang ini budi daya yang tidak pakai modal besar, karena bahan baku sudah dialam,” kata Bahtiar.