RAKYAT NEWS, POLMAN – Sekretaris Daerah Polewali Mandar (Polman) Andi Bebas Manggazali berulang tahun ke-60, hari ini. Pria yang terkenal humble ini muncul sebagai fenomena unik di Polman.

Ibarat menaiki anak tangga, Bebas yang sebelumnya Camat Luyo hingga Sekda Polman.

Bermula dari menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi) Irigasi dan Rawa Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Barat, berlanjut jadi Camat Luyo, hingga menjadi pucuk tertinggi Aparatur ipil Negara (ASN) di Polman, yaitu menjadi Sekda hingga saat ini.

Andi Bebas Manggazali sudah menjalani karier sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) selama 30 tahun. Sempat dinonaktifkan sebagai Sekda di akhir masa jabatan Bupati Polman Periode 2018-2023, Andi Ibrahim Masdar pada Januari 2024 lalu, Bebas Manggazali kembali memegang jabatan tersebut setelah keluarnya rekomendasi pembatalan SK pencopotan dirinya dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Ia pun mulai berkantor di Kantor Bupati Polman sejak 16 April 2024 lalu dan memasuki masa pensiun sebagai ASN pada September 2024 mendatang.

Pengabdian panjang yang penuh lika-liku membuat Andi Bebas ingin berbuat lebih banyak di tanah kelahirannya itu. Dia pun meyakinkan tekadnya untuk turut bertarung pada Pilkada Polman tahun ini.

Bebas Manggazali lahir di Polman pada 8 Juni 1964. Hari ini usianya genap 60 tahun. Di momen spesial ini, sejumlah kerabat, politisi maupun pejabat memberikan doa dan ucapan selamat kepadanya.

Salah satunya datang dari Sahabuddin M Sunusi. Kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan eks legislator Polman ini mendoakan Bebas agar senantiasa diberikan kemudahan dalam segara urusannya.

“Semoga kegembiraan, kejutan besar, cinta, dan kebahagiaan mengelilingi Ir Bebas Manggazali di hari istimewa ini dan tahun-tahun mendatang,” ucapnya, Sabtu (8/6/2024).