RAKYAT.NEWS, MAMUJU – Pj Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin menghadiri acara pemuda yang menjadi pelopor gerakan pangan Sulbar, Jumat (25/10/2024).

Hadir dalam acara tersebut pemuda Sulbar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan berbagai instansi terkait.

Selain itu, juga dilakukan penyaluran bibit ikan nila, sukun, dan cavendish kepada pemuda pelopor gerakan pangan Sulbar.

“Ini gerakan pemuda untuk kemandirian pangan Sulbar nantinya. Jadi ini mungkin tidak bergerak hanya perikanan saja, tapi bergerak pada ketahanan pangan,” kata salah satu pemuda Sulbar Ansar.

Bahtiar menekankan pentingnya kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di bidang ketahanan pangan.

“Alhamdulillah hari ini kita lihat bersama antusias Pemprov untuk membantu kami sebagai pemuda dalam semangat bergerak penyiapkan pangan sebagai penyangga IKN,” tambahnya.

Gerakan pemuda sebagai pelopor ketahanan pangan Sulbar akan dijadikan lembaga yang didukung oleh inisiatif ini.

“Kita akan menanungi seluruh pemuda Sulbar sebagai wadah perkumpulan yang berbicara soal ketahanan pangan,” ungkapnya.

Pj Gubernur Bahtiar juga menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sulbar sedang fokus pada ketahanan pangan seperti yang direncanakan oleh pemerintah pusat.

“Saya keliling banyak mangrove tapi tidak ada ikannya, makanya saya beli kepiting pakai uang pribadi dan bagikan ke masyarakat,” ucap Bahtiar.

Bibit tersebut diberikan kepada masyarakat dan pemuda sebagai langkah pertama dalam upaya membangun kemandirian.

“Jadi kalau sudah panen bisa gunakan hasilnya untuk beli bibit sendiri. Inilah yang kita canangkan mandiri pangan bagi masyarakat,” tandasnya.