RAKYAT.NEWS, MAMUJU – Audisi Kafilah perwakilan Sulawesi Barat untuk MTQN Korpri tahun 2024 Palangkaraya, Kalimantan Tengah, memasuki hari ketiga.

Audisi yang dilaksanakan Dewan Pengurus (DP) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Sulawesi Barat dengan melibatkan dewan hakim diantaranya Imam Masjid Al Markaz, KH Hasan Basri, Ustadz Khalid Rasyid dan K.H. abdul Azis Tammauni, Selasa (8/10/2024).

Ketua Kafilah MTQ Korpri Sulbar, Mustari Mula, berharap dengan adanya audisi kafilah ini muncul kafilah yang mampu berkompetisi ke tingkat nasional.

“Paling tidak bisa masuk 10 besar, sehingga menjadi pembelajaran dan pengalaman untuk MTQN Korpri selanjutnya,” kata Mustari.

Mengingat jumlah peserta yang ikut di MTQN Korpri bervariasi mulai perwakilan dari Kementerian, Lembaga vertikal, hingga pemerintah daerah maupun kabupaten.

“Kafilahnya juga banyak muda-muda dan lomba diikuti bertambah. Persaingan yang begitu ketat diharap Sulbar bisa meraih prestasi di MTQN Korpri tahun 2024,” harapnya.

Sedangkan, pengurus MTQ Korpri Sulbar, Imelda Adhi Yanty mengatakan, hari ketiga ini audisi calon kafilah cabang lomba karya ilmiah.

“Ada 4 pesertanya dan mekanismenya para peserta memasukkan karya ilmiahnya terlebih dahulu. Kemudian diberikan waktu 25 menit untuk mempersentasikan,” ucap Imelda.

Sementara itu, penilaiannya juga mengikuti indikator yang sudah ditetapkan oleh panitia pusat.

“InshaAllah para dewan hakim ini akan menilai seobjektif mungkin. Disitu kita akan melihat bagaimana karya tulisnya dan ide-ide serta gagasannya yang dituangkan diatas kertas dengan mengkorelasikan antara judul dan tema besar yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Selain itu, akan dilihat bagaimana peserta menggunakan wawasan, referensi, hingga ayat yang digunakan bisa diulas dengan baik.

“Selama persentasi tadi kita sudah melihat bagaimana mereka memberikan kualitas pada paparannya dan merespon pertanyaan dewan hakim. Alhamdulillah selama audisi berlangsung berjalan lancar tampa ada kendala dihadapi,” imbuhnya.

Segala, tantangan dihadapi karena mengikuti MTQN Korpri bukan hanya sekedar menambah pengetahuan, tapi juga bagaimana mengharumkan nama baik Sulbar.

Diketahui, ada 9 cabang lomba yang dilakukan audisi oleh Korpri Sulbar diantaranya:

1. Cabang Tilawah Al-Quran Pria dan Wanita
2. Cabang Tartil Al-Quran Pria dan Wanita
3. Cabang Hifzh (Hafalan) Al-Quran
4. Cabang Dakwah Al-Quran Pria dan Wanita
5. Cabang Khath (Kaligrafi) Al-Quran Pria dan Wanita
6. Cabang Adzan Pria
7. Cabang Khotbah Jumat Pria
8. Cabang Doa Pria dan Wanita
9. Cabang Makalah Ilmiah Al-Quran (MIQ) Pria dan Wanita.