RAKYAT.NEWS, MAMUJU – Dewan Pengurus (DP) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Provinsi Sulawesi Barat mengadakan hari kedua audisi calon kafilah MTQ nasional tahun 2024, Senin (7/10/2024).

Proses audisi ini diawasi oleh sejumlah dewan hakim, antara lain Imam Masjid Al Markaz KH Hasan Basri, Ustadz Khalid Rasyid, KH Abdul Azis Tammauni, dan Ustadz Ujang Badrussaman.

Ada kekhususan pada cabang Kaligrafi dimana Hakim Nasional, Ustadz H Udjang Badrussalam, diundang oleh panitia untuk menilai karya peserta dalam perlombaan dan memberikan panduan mengenai standar penilaian cabang kaligrafi secara nasional.

Wakil Sekretaris Korpri Provinsi Sulbar, Suhamta, menyatakan bahwa audisi hari kedua ini fokus pada cabang Dakwah, Khotbah, Kaligrafi, dan penulisan karya ilmiah.

Ia menegaskan bahwa ini adalah komitmen Korpri Sulbar, terutama setelah dua kali berpartisipasi dalam MTQ nasional dan selalu mendapatkan peringkat.

“Mudah-mudahan dari hasil ini kita bisa mendapatkan yang bisa membawa nama baik kafilah Sulbar pada MTQ Korpri 2024 di Kalimantan Tengah,” kata Suhamta.

Pelaksanaan audisi calon kafilah perwakilan Provinsi Sulbar pada hari kedua berjalan lancar berkat kerjasama antara pengurus Korpri Sulbar dan panitia.

“Jadi kita upayakan MTQ ke-VII ini ada peningkatan di beberapa cabang. Makanya kami membuka seluas-luasnya pendaftaran untuk mendapatkan kafilah terbaik dari seluruh kabupaten dan provinsi,” tambahnya.

Dewan Hakim Ustadz Khalid Rasyid juga menyoroti proses audisi pada hari pertama di cabang Tilawah, Tartil, Hafalan, dan Adzan di mana penilaian dilakukan berdasarkan risalah yang disusun oleh dewan hakim.

“Untuk hari ini cabang divirtualkan dalam bentuk naskah yang dikirim oleh peserta, seperti naskah dakwah, khotbah, hingga kaligrafi. Sedangkan yang visual hanya di cabang doa saja,” ucap Ustadz Khalid.

Selain itu, ada perbedaan kualifikasi di mana peserta diminta merekam suara mereka saat tampil untuk alasan keamanan karena audisi dilakukan secara virtual tanpa kontak langsung.

“Jadi semua peserta ikut audisi merekam dirinya sendiri dan wajib mengirim ke panitia. Alhamdulillah semangat audisi vertual dilaksanakan Korpri Sulbar patut diapresiasi,” tandasnya.

Beberapa cabang yang ikut diseleksi antara lain:

1. Cabang Tilawah Al-Quran Pria dan Wanita
2. Cabang Tartil Al-Quran Pria dan Wanita
3. Cabang Hifzh (Hafalan) Al-Quran
4. Cabang Dakwah Al-Quran Pria dan Wanita
5. Cabang Khath (Kaligrafi) Al-Quran Pria dan Wanita
6. Cabang Adzan Pria
7. Cabang Khotbah Jumat Pria
8. Cabang Doa Pria dan Wanita
9. Cabang Makalah Ilmiah Al-Quran (MIQ) Pria dan Wanita.