RAKYAT.NEWS, MAMUJU – Dinas Kesehatan Sulawesi Barat telah membentuk Satgas Kesehatan Pilkada Sulbar atas arahan dari PJ Gubernur, Bahtiar Baharuddin. Langkah ini diambil untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi.

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, drg Asran Masdy, menyatakan bahwa kehadiran Satgas Kesehatan bertujuan untuk memastikan kesehatan para penyelenggara yang mungkin mengalami kelelahan saat bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Satgas ini sudah kita bentuk dan berdasarkan arahan Pak Gubernur kita sudah lakukan langkah-langkah persiapan mulai dari tingkat provinsi hingga ke tingkat Pustu,” kata Asran, Kamis (19/9/2024).

Asra juga berharap, bahwa para Satgas mampu memberikan layanan kesehatan di setiap TPS dan siap mengantisipasi kebutuhan kesehatan masyarakat yang datang ke TPS.

Setiap Puskesmas di tingkat kecamatan telah menyiapkan pos pelayanan yang buka mulai sehari sebelum hingga dua hari setelah pemungutan suara.

Pada hari pemungutan suara, pos-pos kesehatan akan bergerak melakukan patroli di setiap TPS dan berkoordinasi erat dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Kami sampaikan juga bahwa nanti KPPS akan memegang kontak pelayanan kesehatan di Puskesmas terdekat, seketika ada kejadian langsung bisa menghubungi pos-pos pelayanan yang sudah kami siapkan,” ujar Asran.

Selain bekerja sama dengan kabupaten, Dinas Kesehatan Sulbar juga berkoordinasi dengan instansi kesehatan vertikal lainnya seperti TNI-Polri dan kementerian daerah untuk memastikan pelayanan kesehatan yang maksimal selama pelaksanaan Pilkada Sulbar.