RAKYAT.NEWS, POLMAN – Warga Polewali Mandar (Polman) yang berprofesi sebagai pekebun Durian Montong di Kecamatan Bulo menyambut hangat saat Pj Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin mengunjungi kawasan durian mereka di Kecamatan Bulo Polman, Kamis (22/8/2024).

Di tempat tersebut, Bahtiar melakukan kunjungan ke lapangan dan melihat langsung kawasan durian yang telah ditanami oleh warga sejak 2005 lalu.

Salah satu pebisnis budidaya durian montong di Polman, Aco Nasruddin, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pj Gubernur Bahtiar karena mendapat telah mendapat atensi untuk mendorong ekosistem bisnis perkebunan di Kecamata Bulo.

“Terima kasih Pak Pj Gubernur telah mengunjungi lokasi kami. Jujur kami sangat terharu sebab pak gubernur benar benar datang ke sini dan melihat kondisi kebun kami,” ujar Aco.

Kepada kelompok petani durian tersebut Pj Bahtiar Baharuddin mendorong agar mereka tidak hanya menjual buah durian tetapi juga membangun ekosistem pengembangan komoditi buah Durian di Kebun Raya Bulo. Seperti menjual bibit durian serta mengolah buah durian untuk bahan makanan atau oleh oleh Polman.

“Terima kasih semua kepada pejuang-pejuang durian dan pejuang hortikultura,” kata Bahtiar saat melakukan dialog.

Bahtiar menyatakan, menggerakkan sektor pertanian maupun perkebunan seperti Durian harus berpikir seperti seorang CEO, Selain itu harus dikelola dengan jumlah besar.

“Harus membuka pikiran, ini adalah menanam tanaman bisnis. Setiap yang kita tanam perlu modal dan risiko. Oleh karenanya harus diperhitungkan, jumlahnya harus besar, termasuk harus tahu pasar. Jadi harus tahu bisnisnya dari hulu ke hilir,” kata Bahtiar.

Untuk sumber modal, Bahtiar menawarkan KUR, namun harus mendapatkan pendampingan sehingga dana KUR yang dikelola betul-betul memberi nilai tambah bagi masyarakat.