RAKYAT.EWS, MAMUJU – Pelaksana Tugas Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sulawesi Barat, Herdin, menyerahkan duplikat Bendera Merah Putih kepada Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin, Rabu (7/8/2024).

Duplikat bendera tersebut, kemudian akan diserahkan kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sulawesi Barat yang akan bertugas pada Upacara Hari Kemerdekaan RI yang ke-79 17 Agustus 2024.

Bahtiar menjelaskan, duplikat bendera ini sebagai symbol persatuan yang menyatukan seluruh rakyat Indonesia, “Makanya, keberadaan bendera Merah Putih harus terjaga dengan baik karena ini menjadi simbol mempersatukan.”

Kepala Kesbangpol Sulbar menyebut penyerahan ini sebagai wujud dari kesadaran dalam memperingati kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang. “Ini menjadi tanggung jawab bersama dan kesungguhan hati mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten, hingga pemerintah desa/kelurahan,” kata Herdin.

Herdin, mengharapkan Paskibraka yang akan bertugas, bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan dirinya untuk bertugas.

“Harapan kita bersama, pelaksanaan pengibaaran bendera merah putih bisa terlaksana dengan sukses, khidmat dan tidak ada kendala. Kuncinya, para peserta mengikuti segala perintah dan instruksi yang disampaikan pelatih,” ucap Herdin.

“Kita punya tim kesehatan untuk terus memberi suplemen, untuk menjaga kesehatan peserta paskibraka,” ungkapnya.