RAKYAT.NEWS, POLMAN – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan meningkatkan peternakan kambing di Polewali Mandar (Polman) menjadi kampung peternakan kambing. Hal itu disampaikan oleh Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin saat mengunjung salah satu peternakan di Desa Tandassura, Kecamatan Limboro, Polman pada Minggu (4/8/2024).

“Di sini saya lihat cukup bagus. Saya melihat ada inovasi antara Pak Desa dengan Pak Sani (peternak kambing) berkolaborasi yang luar biasa, ini contoh yang baik. Menurut saya, tinggal dibantu permodalan. Karena manajemennya sudah bagus,” ujar Bahtiar.

Untuk itu, Bahtiar bersama Penjabat Bupati Polman, Ilham Borahima, akan berdiskusi dengan pihak perbankan terkait penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada peternak di desa itu.

“Saya akan bantu dan melakukan intervensi atau jaminan kepada perbankan,” kata Ilham.

Tidak hanya itu, Bahtiar juga mendorong agar peternak di desa ini memelihara kambing susu karena ke depan akan ada program makan gratis atau bergizi di mana pemerintah akan membutuhkan pasokan yang banyak.

“Yang perlu kami sangat butuhkan di sini, adalah yang pertama bagaimana peningkatan SDM peternak kita, yang tadinya peternak hanya lima ekor bisa menjadi 40 ekor,” ujar salah seorang peternak.