RAKYAT NEWS, BANTAENG – Studi Karya Inovasi Pemprov Sulawesi Barat berlanjut di Kabupaten Bantaeng, Rabu (1/8/2024). Dalam kunjungan ke Bantaeng, Pj Gubernur Sulbar Pj Bahtiar Baharuddin membawa sejumlah kepala OPD ke kawasan smelter PT Huadi Bantaeng Industrial Park (HBIP).

Mereka yang ikut seperti Asisten 1 bidang Pemkesra Setda Sulbar, Muh Jaun, Asisten II bidang Ekbang, Muchtar, Kadis PU Rachmat, Kadis Sosial Abdul Wahab, Kadis Pemuda dan Olahraga Safaruddin, Kadis DKP Suyuti Marzuki, Kepala Bapperida Junda Maulana, Kadis Perhubungan, Andi Farid Amri, serta Kepala BPKPD Sulbar, Masriadi, Kepala Dishub , Maddareski

Mereka diterima oleh perwakilan Direktur PT Huadi Lily Dewi Candigenara, perwakilan Owner PT Huedi Yos dan Sekda Pemda Bantaeng. Pada pengantarnya Pj Bahtiar mengatakan, bahwa dirinya sengaja memboyong OPD Sulbar ke Huadi Bantaeng sebab daerah ini pernah menjadi kawasan yang tandus dan gersang kemudian berkembang seperti sekarang ini.

Salah satu faktornya karena hadirnya investasi seperti PT Huedi yang telah mempekerjakan 85 persen warga lokal Bantaeng. Hal tersebut diamini oleh Sekda Bantaeng Muh. Rivai Nur.

“Dulu daerah ini sangat tandus. Zaman pak Nurdin Abdullah kita buka KIBA, Kawasan Industri Bantaeng. Kalau ada investor, kita yang datangi. Bawa laptop, printer dan kami presentasi. Perintahnya Pak NA, jangan pulang sebelum terbit izin prinsip” ungkap Rivai.

PT Huadi adalah perusahaan smelter yang berdiri di atas lahan 100 hektar yang masuk dalam Kawasan Industri Bantaeng (KIBA). Pihak Huadi membeli bahan baku nikel berasal dari perusahaan tambang di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah. Sejak kehadirannya di Bantaeng perusahaan ini memberikan pemasukan 5 miliar perbulan ke kas Pemda Bantaeng.