RAKYAT NEWS, POLMAN – Partai Golongan Karya hampir dipastikan bakal berlabuh ke pasangan calon bupati Andi Bebas Manggazali – Siti Rahmawati (Bebas-Siti). Pengamat politik, Fakhruddin mengungkap sedikitnya ada dua alasan utama.

Pertama, Bebas-Siti sangat dilirik karena berdasarkan surveinya. Pasangan yang memiliki tagline “Membangun Desa Menata Kota” ini disebut unggul di sejumlah lembaga survei.

“Saya sangat meyakini, bahkan sudah 99 persen Golkar akan bersama Bebas-Siti, mengapa? Pertama, dari surveinya Pak Bebas berada di puncak, ketimbang Samsul Mahmud atau Aji Assul,” katanya, Rabu 31 Juli 2024.

Alasan kedua, lanjut Itong sapaannya, Golkar memilih Bebas karena memiliki komunikasi lintas partai yang cukup baik. Sehingga kata dia, tak heran Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gerindra sudah mendukungnya.

“Bahkan yang terbaru ini saya mendengar berita bahwa PPP sudah menerbitkan surat rekomendasi kepada Bebas-Siti, itu artinya, Golkar ini ingin menang. Pak Bebas, dengan modal PAN, Gerindra dan PPP, saya meyakini Golkar juga akan ke Bebas,” terang Itong.

Di sisi lain, H Assul hingga kini terkonfirmasi belum memiliki pasangan bakal calon wakil, juga belum ada satu pun partai yang sudah memastikan untuk mendukungnya.

“Belum satu pun partai yang sudah mendukung Aji Asul, sehingga tentu DPP Golkar akan berpikir ke Bebas yang sudah lengkap, dan telah memenuhi syarat kursi untuk maju ke kontestasi,” tandasnya.

Selain itu, sinyal dukungan Golkar ke Bebas semakin menguat usai pertemuannya dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Dalam pertemuannya, Bebas didampingi Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Sulawesi Barat, Aras Tammauni dan kader Golkar, Arwan Aras.

Pertemuan Airlangga mengindikasikan dukungan Golkar untuk Bebas Manggazali yang akan berjuang di ajang Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Polman pada 27 November 2024 mendatang.