RAKYAT NEWS, POLMAN – Melalui program Desa Bangkit Sejahtera (DBS), LAZ Hadji Kalla memperluas wilayah desa binaan di Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat, dengan menambahkan dua desa binaan baru yaitu Desa Daala Timur dan Desa Patambanua di Kecamatan Bulo.

Sehingga di tahun 2024 ini, desa binaan LAZ Hadji Kalla di Sulawesi Barat menjadi 4 desa, dimana dua desa binaan sebelumnya Desa Suruang dan Desa Sumarrang di Kecamatan Campalagian, merupakan desa binaan LAZ Hadji Kalla sejak tahun 2023 lalu.

Kedua desa baru tersebut dipilih setelah melalui proses seleksi internal yang relatif ketat. Indikator seleksi desa yang digunakan adalah Jumlah Individu Miskin Ekstrim (IME) masing-masing desa, desa yang memiliki warga atau individu yang tercatat sebagai Miskin Ekstrim di atas 50% dari total jumlah penduduk desa, akan menjadi calon desa yang layak untuk diikutkan seleksi.

Kemudian seleksi dilanjutkan dengan melakukan survey atau observasi langsung ke lokasi. Desa yang kondisinya paling membutuhkan bantuan pendampingan pemberdayaan, akan dipilih menjadi desa dampingan LAZ Hadji Kalla.

Program Desa Bangkit Sejahtera sendiri bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dari sisi ekonomi, sosial dan lingkungan dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat yang akan menunjang tercapainya kesejahteraan hidup bagi kelompok penerima manfaat.

Erny Rachmi Nurdin, Program Manager Bidang Community Development LAZ Hadji Kalla menyampaikan salah satu bentuk bantuan yang telah diberikan di salah satu desa binaan di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat berupa pelatihan pembuatan pakan ternak alternatif di Desa Suruang yang bertujuan untuk mengatasi problematika sulitnya mendapatkan pakan bagi ternak kambing di musim kemarau.

Untuk memudahkan peternak dalam membuat pakan, LAZ Hadji Kalla memberikan bantuan Mesin Pencacah Rumput kepada kelompok peternak binaan di Desa Suruang ini, agar ke depan makin memudahkan mereka dalam mengolah pakan untuk ternak mereka”.