RAKYAT.NEWS, MAMUJU – Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat meraih predikat kota dengan Kualitas Udara Terbersih di Indonesia berdasarkan indeks kualitas udara versi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Per hari Kamis (18/7/2024), Mamuju mendapatkan nilai 25, Balikpapan (Kalimantan Timur) 29, dan Palu (Sulawesi Tengah) 36.

Pencapaian itu membuat Mamuju berpotensi sebagai wisata dunia. Hal itu juga terlihat dari panorama perairan Teluk Mamuju yang bersih dengan hamparan karang serta ikan yang menawan. Sehingga, cocok dijadikan sebagai lokasi diving.

“Jika ada investor yang melirik maka di sini, bisa dibangun kawasan Forest City. Mamuju bisa menjadi kota tujuan pensiun dari warga seluruh dunia yang mendambakan udara bersih,” kata Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin dalam keterangan tertulis, Jumat (19/7/2024).

Di pesisir pantai barat Selat Makassar, para wisatawan juga bisa menyaksikan matahari terbenam terpanjang.

Daya tarik lainnya saat berlibur di Mamuju adalah wisata airnya, seperti wisata memancing gratis di tepi pantai Teluk Mamuju.

“Sebagai Penjabat Gubernur, saya menawarkan dan mengajak warga masyarakat seluruh Indonesia dan wisatawan seluruh berkunjung ke Mamuju. Dijamin betah, nyaman dan menyenangkan,” ucap Bahtiar.

Mamuju juga menawarkan wisata bukit yang pas untuk menjadi lokasi hiking dengan tawaran panorama yang mengesankan. Lokasinya tepat di tengah kota.

“Mamuju benar benar sangat indah. Allah SWT yang Maha Kuasa begitu sempurna menciptakan lukisan alam Mamuju, laut, teluk, gunung-gunung yang menakjubkan,” ujar Bahtiar.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat berencana mengusulkan Teluk Mamuju sebagai Kawasan Strategik Pariwisata Nasional.