RAKYAT.NEWS, MAMUJU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemprov Sulawesi Barat serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju bekerja sama untuk meningkatkan akses internet bagi masyarakat di Anjungan Pantai Manakarra.

Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat. Peluncuran layanan internet yang didukung oleh provider PT PLN Icon Plus ini secara resmi dilaksanakan dengan acara seremonial di depan Gong Perdamaian, Selasa (24/9/2024).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sulawesi Barat, Mustari Mula, menyatakan bahwa layanan internet ini adalah wujud dukungan terhadap perkembangan Kabupaten Mamuju.

“Termasuk dalam penyediaan akses informasi dan komunikasi publik,” katanya.

Sebagai bagian dari peringatan Hari Jadi Provinsi Sulawesi Barat yang ke-20, Pemerintah Provinsi Sulbar bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Mamuju serta provider PT PLN Icon Plus, menyediakan akses internet gratis bagi masyarakat di kawasan Anjungan Pantai Manakarra Mamuju.

Sebelumnya, layanan Internet Gratis di kawasan Anjungan Pantai Manakarra Mamuju pernah ada yang disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Sulbar, namun akibat gempa bumi pada tahun 2021, sebagian infrastrukturnya mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, Diskominfo bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju dan Provider Icon Plus secara bersama-sama menghidupkan kembali layanan internet gratis ini dengan kapasitas bandwidth yang lebih optimal.

“Hal ini merupakan kado istimewa dari Pemerintah baik Pemprov maupun Pemkab dan unsur swasta kepada masyarakat,” ujar Mustari.

Mustari berharap agar layanan internet gratis ini digunakan secara bertanggung jawab dan untuk hal-hal yang positif.

Mustari Mula juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Mamuju dan Manajer Umum PT Icon Plus atas kerja sama yang terjalin.

“Semoga kedepan, kerja sama ini lebih ditingkatkan dengan membuka layan internet gratis ruang ruang publik lainnya dalam kota Mamuju,” imbuhnya.