RAKYAT.NEWS, MAJENE – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menunjukkan konsistensi dalam melakukan Gerakan menanam pohon, seperti yang dilakukan di Kecamatan Ulumanda dan Malunda, Kabupaten Majene pada Senin (19/8/2024).

Lapangan Tasinara di Kecamatan Malunda menjadi titik pertama penanaman, dilanjutkan ke Desa Tandeallo Kecamatan Ulumanda.

Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin turut hadir menanam Bersama warga setempat.

Bahtiar memastikan anggaran dari negara akan menyentuh langsung masyarakat, khususnya pertanian Hortikultura. Alasannya, ia manargetkan ada tambahan jenis tanaman lainnya yang akan mengangkat kesejahtraan rakyat daerah yang dipimpinnya.

Bahtiar memprediksi Sulbar memiliki peluang untuk berkembang lebih cepat dengan penduduk yang kini berjumlah 1,4 juta jiwa.

Lanjutnya, yang terpenting adalah fokus pada sasaran, baik nelayan, petani, maupun peternak. Sehingga, Bahtiar berkomitmen menyiapkan bibit atau benih kepada masyarakat agar dikelola menjadi sumber pendapatan masyarakat.

Pemprov Sulbar berencana sediakan 1 juta bibit durian musang king dengan menggunakan APBD 2025. Bibit tersebut akan dibagikan kepada masyarakat dengan harapan mampu menjadi daerah penghasil buah tersebut.

“Pertanian dalam arti luas mulai pangan pajale, durian, nanas, pisang cavendish, sukun, dan sayur sayuran ini bagus diproduksi banyak. Sayuran kita masih banyak disuplai dari luar, termasuk tanaman hias dan obat-obatan dan buah-buahan,” kata Bahtiar.

Bahtiar mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan kebutuhan komoditi yang saat ini diperlukan di negara maju, seperti Cina yang butuh pisang, Malaysia yang butuh durian.

“Cari tanaman yang tidak diproduksi di negara lain, Seperti Sukun ini tanaman endemik Sulawesi, khususnya di Sulsel dan Sulbar. Bisa tumbuh di manapun,” kata dia.

Setelah menanam pohon, Bahtiar kemudian berkunjung ke SMA 1 Malunda, SMK 9 Majene di Ulumanda untuk memotivasi siswa. Dia juga membagikan bibit pohon kepada siswa, begitu juga kepada pegawai saat berkunjung di Puskemas Ulumanda.