RAKYAT.NEWS, MAMUJU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sukses menyelenggarakan upacara memperingati HUT kemerdekaan RI ke-79, Sabtu (17/8/2024).

Upacara yang dipusatkan di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Sulbar ini menjadi yang pertama dalam rangka Upacara Kemerdekaan RI.

Penjabat Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin mengungkapkan, upacara tahun ini diselenggarakan dengan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kita melaksanakan upacara ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Ulang tahun kali ini saya rasa sangat spesial,” kata Bahtiar Baharuddin.

Salah satu yang menonjol, kata Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu, yakni lokasi pelaksanaan upacara yang baru pertama kali dipusatkan di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju.

“Satu, tempat upacaranya. Dalam sejarah Sulbar, katanya ini pertama kali upacara dilakukan di Pantai Manakarra, tempat yang luas. Biasanya hanya di kantor gubernur dan tidak melibatkan banyak masyarakat,” ungkapnya.

Sehingga, kata Bahtiar Baharuddin, euforia kemerdekaan RI ke-79 tahun tidak hanya dirasakan oleh Pemprov Sulbar bersama Forkopimda, tapi juga dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Hari ini benar-benar kita upacara, yang merdeka itu bukan kantor gubernur, tapi seluruh rakyat Sulbar. Makanya kita bikin acaranya di pantai. Makanya itu dukungan dari TNI Polri seluruh instansi, semuanya hari ini masyarakat juga ikut merayakan. Jadi, ini memang spesial,” tutur Bahtiar.