RAKYAT.NEWS, NUSANTARA – Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin, memenuhi undangan agenda pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para Menteri dan Kepala Daerah se-Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin (12/8/2024).

Kehadiran mereka di IKN untuk melaksanakan rapat khusus. Saat itu, Bahtiar melaporkan potensi Sulawesi Barat sebagai wilayah yang paling dekat dengan IKN.

Maka dari itu, Bahtiar bertekad untuk menggandakan produksi ternak,holitikultura, dan perikanan kelautan untuk menyuplai kebutuhan IKN. Begitupula potensi wisatanya.

“Potensi pariwisata Sulbar bisa menjadi lokasi tujuan wisata masyarakat IKN baik pulau Balabalakang yang hanya berjarak 2 jam dari Balikpapan, wisata teluk Mamuju dan seluruh pesisir Sulbar Polman, Majene, Mamuju, Mamuju Tengah, Pasangkayu bisa ditempuh 7 jam kapal cepat dan pesawat udara cukup 40 menit” ujar Bahtiar mempromosikan potensi Sulawesi Barat yang akan menjadi penyangga utama IKN.

Dengan hadirnya IKN, menurut Bahtiar, banyak potensi yang akan berkembang di Sulawesi Barat, seperti Anggrek Mamasa bisa dipasarkan ke IKN, produksi buah buahan, produksi sayur sayuran, tanaman hias, tanaman obat obatan, ikan laut maupun ikan air tawar, hasil kepiting, udang coklat, kopi, aren, durian, sukun, pisang, ayam, telur, kambing, sapi, suplai pasir, batu, hasil hasil UMKM, industri meubel, industri olahan makanan.

“Saatnya kawan-kawan pengusaha investasi segera di Sulbar. Seluruh wilayah Sulbar memiliki potensi yg luar biasa terutama wisata, sektor perikanan, holtikultura, peternakan, dan industri olahan makanan dan industri hasil alam,” ujar Bahtiar.

“Ayo mari ke Sulbar. Tempat yang sangat indah, sangar subur PH tanah 7 sd 8, udara terbersih se asia tenggara, jauh dari kebisingan, tempat healing yg nikmat dan nyaman, masyarakat sangat toleran, ramah dan terbuka” lanjutnya.