RAKYAT NEWS, MAMUJU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulbar berkolaborasi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulbar memberikan pelayanan kesehatan gratis pada masyarakat dalam memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024.

Pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat berlangsung di jalan Arteri, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Minggu, 4 Agustus 2024 tadi pagi.

Kadinkes Sulbar, drg. Asran Masdy mengungkapkan, pihaknya melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat yang ada di Sulbar, khususnya Mamuju.

“Mulai dari pemeriksaan kolesterol, gula darah, pemeriksaan sederhana, pemeriksaan fisik. Nah, itu kita lakukan tadi yang merupakan langkah kolaborasi kita dengan OPD lain, seperti pemberdayaan perempuan, utamanya BKKBN yang menjadi lini sektor pelaksanaan peringatan Hari Keluarga Nasional,” kata Asran Masdy.

Ia juga mengungkapkan, masyarakat sangat berantusias menyambut kehadiran pemeriksaan kesehatan gratis yang pihaknya lakukan bersama BKKBN Sulbar.

“Tadi, ada kurang lebih 100 pasien yang kami layani dalam pemeriksaan kesehatan gratis. Mulai dari pemeriksaan darah, fisik dan sebagainya. Luar biasa antusias masyarakat dalam menyambut pemeriksaan kesehatan gratis yang kami berikan, bahkan mereka rela mengantre,” ungkapnya.

Asran Masdy pun berharap, kedepannya masyarakat betul-betul memperhatikan kondisi kesehatannya, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

“Jadi, harapan kita masyarakat betul-betul memberikan perhatian yang serius untuk kesehatan diri dan keluarganya. Selain berolahraga sehat, kemudian berperilaku hidup bersih, kemudian pola makan sehat, kemudian melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala,” tutur Asran Masdy.