“Terima kasih telah menjadikan contoh tempat ini bagi teman teman Pemprov Sulbar” ujar Ali Muchtar.

Bupati berlatar belakang pengusaha ini mengaku membangun Bulukumba berbasiskan riset dan data. Terutama untuk membangun hortikulutura dan perikanannya. Dia meyakini bahwa Sulbar dapat jauh lebih maju dengan melihat data yang telah dikemukakan oleh Pj Gubernur.

“Dengan Ph tanah di atas 7 itu sangat bagus. Tanaman apapun akan tumbuh subur. Maka kenapa tidak lakukan ? Kenapa tidak kembangkan?” Saran Ali Muchtar.

Untuk itulah dia sangat membuka diri bagi daerahnya untuk menjadi bahan inspirasi bagi Sulbar.

Salah satu pola pikir dan kerja yang harus dilakukan oleh pemerintah yakni bagaimana memproduksi massa untuk hasil perkebunan hortikultura dan perikanan. Jangan hanya rasa dan kualitasnya tetapi juga kuantitinya.

“Jangan hanya karena enak tapi kuantitinya kecil, kontinyue nya sedikit. Kalau kuantitinya kecil maka kita tidak bisa ekspor” tandasnya.

Di Bulukumba sendiri sudah ratusan ribu pohon tanaman jenis hortikultura yang ditanam oleh Pemda Bulukumba saat Bupati Andi Muchtar Ali menjabat.

Dan tanaman tersebut merupakan bantuan CSR dari berbagai perusahaan termasuk perusahaan milik Andi Muchtar.

Selain studi inovatif perkebunan, pertanian perikanan para OPD Sulbar juga akan melakukan kunjungan ke Pantai Bira Bulukumba untuk mendapatkan inspirasi pengelolaah wisata bahari di Sulbar.