RAKYAT.NEWS, MAMUJU – Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Bahtiar Baharuddin, memastikan harga pangan stabil. Saat itu, ia berkunjung ke Pasar Baru di Kabupaten Mamuju pada Senin (5/8/2024).

“Ini agenda kegiatan rutin kita, hari ini bersama Pemda kabupaten. Diharapkan terus bekerja sama dengan baik dalam melakukan pengendalian inflasi,” kata Bahtiar.

Sejumlah harga pangan relatif stabil. Walaupun, sejumlah komoditi mengalami kenaikan, namun tidak begitu signifikan dan ketersediaan stok aman.

Operasi pasar sebagai upaya pengendalian inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Menurut Bahtiar, inflasi Sulawesi Barat saat ini terbilang bagus dan konsisten pada level terbaik ketiga secara nasional.

“Kita konsisten pada level itu, inflasi terlalu rendah itu jadi masalah. Jadi sebenarnya, ada angka antara 2,5 sampai 3,5. Jangan bilang kalau 1, kita terbaik. Kalau terlalu murah kasian petani kita,” ucap Bahtiar.

Bahtiar mengharapkan Sulawesi Barat ke depan perlu mendorong kemandirian pangan, serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) mampu lebih fokus menyentuh masyarakat, khususnya petani agar bisa produksi pangan.

Salah satu pedagang Ikan di Pasar Baru, Amri Gonrong, mengharapkan Pemerintah Daerah agar melibatkan mereka dalam merancang pembangunan jualan. Sehingga, konsep yang disiapkan sesuai harapan dan nyaman dalam aktivitas jual beli.

“Kami juga sampaikan keluhan , belum dapat bantuan peti ataj fiber dan gabus-gabus tempat ikan,” kata Amri.