RAKYAT NEWS, POLMAN – Andi Bebas Manggazali, selain dikenal dengan dunia otomotif, dia juga ternyata memiliki hobi unik, yaitu memelihara ikan hias di rumah.

Di kediamannya, Bebas memiliki sekitar ratusan ekor ikan hias yang dipelihara di dalam kolam kecil samping teras rumahnya. Hampir setiap hari ia selalu menikmati bermain dengan ikan itu.

Senin 20 Mei 2024, dalam suasana sore Bebas tampak bercengkerama dengan ikan peliharaannya di kolam samping teras rumahnya. Saat itu, jarum jam menunjukkan pukul 16.30 WITA .

Pria yang dikenal sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Polewali Mandar (Polman), terlihat memasukan tangannya ke dalam kolam ikan. Seketika ikan dengan berbagai ukuran itu berkumpul dan mengerumuni tangan pemiliknya.

“Coba liat pada kumpul semua, rasanya dekat sekali,” kata Bebas sapaannya.

Bebas mengaku sudah lama mengggemari memelihara ikan hias. Bahkan karena kegemaran, ia rela merogoh kocek untuk membangun kolam ikan dengan ukuran panjang sekitar lima meter persegi dan tinggi satu meter.

“Saya yang buat sendiri ini kolam. Isinya ada sekitar 180 ekor,” ucapnya.

Secara berkala Bebas yang juga merupakan kandidat kuat calon Bupati Polman selalu menyempatkan waktu luangnya untuk “menyapa” ikan yang ada di kolam itu. Bahkan secara rutin memberi makan ikan-ikan tersebut.

Selain karena Hobby, Bebas memelihara ikan hias karena dianggap bisa membuat perasaan tenang dan damai.

Melihat ikan berenang ke sana kemari membuat perasaan lelah dan capek seketika hilang usai disibukkan dengan tumpukan pekerjaan sebagai seorang Sekretaris Daerah.

“Kita kan selalu disibukkan dengan pekerjaan kantor, tentu kita sebagai manusia butuh rileks atau hiburan,” tuturnya .

Selain ikan hias, Bebas juga memelihara beberapa ekor ayam Kate. Di saat waktu luang, binatang-binatang itu dirawatnya dengan penuh kasih sayang.